Selamat Datang di Blog Wisata Sangihe Ayo ke Sangihe Negeri yang penuh dengan Pesona Mari Jaga dan Nikmati Keindahan Alam Sangihe, Lestarikan Kekayaan Budayanya juga nikmat Kulinernya

Kota Tahuna

Tahuna sebagai ibukota Kabupaten Kepulauan Sangihe telah berbenah untuk menunjukkan jati diri sebagai Ibukota Kabupaten yang juga di Kategorikan sebagai Kota Kecil dan  marupakan Kota Pusat. Pemerintahan, Perekonomian, Pendidikan, Kesehatan, Kota Budaya (Religius) dan  sebagai Kota Pelabuhan, karena Kota Tahuna terletak di sebuah teluk yang sangat strategis  bagi kegiatan  bongkar muat barang dan penumpang. 
Kota Tahuna dengan Pemandangan teluknya
Selain itu di Pulau Sangihe terdapat  Bandar Udara yang dikenal dengan Bandara “ Yudha Tindas “ Tahuna Naha, yang terletak di Kampung Naha Kecamatan Tabukan Utara.  Disaat kita menumpang pesawat dan memandang sepanjang dataran Pulau Sangihe, maka akan terbentang pemandangan hamparan  Perkebunan Kelapa  sebagai komoditas andalan penduduk pulau sangihe dan  dihiasi indahnya puncak Gunung Api Awu yang masih aktif dan Hutan Lindung Gunung Sahendarumang dengan 11 Spesis burung endemik yang cuma ada di Pulau Sangihe. 

Selain itu Komoditi  Pala dan Cengkih  juga turut menguasai lahan perkebunan yang ada.


Pulau Sangihe memiliki  12 Kecamatan Yaitu  Kecamatan Tahuna, Kecamatan Tahuna Barat, Kecamatan Tahuna Timur, Kecamatan Kendahe, Kecamatan Tabukan Utara, Kecamatan Tabukan Tengah, Kecamatan Tabukan Selatan, Kecamatan  Tabukan Selatan Tengah, Kecamatan Tabukan Selatan Tenggara, Kecamatan Manganitu, Kecamatan Manganitu Selatan dan Kecamatan Tamako.. Dari 12 Kecamatan ini terdapat  6 Kecamatan yang memiliki pulau – pulau kecil dan juga terdapat pulau yang memiliki pemerintahan kampung sendiri (telah berbentuk desa). Kecamatan tersebut adalah  Kecamatan Kendahe, Kecamatan Tabukan Selatan, Kecamatan Tabukan Selatan Tengah, Kecamatan Manganitu, Kecamatan Tamako dan Kecamatan Manganitu Selatan. Berbagai fasilitas telah dibangun, guna mendukung Pulau Sangihe sebagai pusat dari kegiatan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. 


Kondisi / keadaan Kecamatan – kecamatan yang ada di Pulau Sangihe  (tidak termasuk kampung yang  memiliki pemerintahan sendiri / Kampung yang terkategori sebagai pulau )adalah sebagai berikut : klik here

Sunset di Teluk Tahuna

0 comments: