Selamat Datang di Blog Wisata Sangihe bersama saya Stevenly Takapaha, Ayo ke Sangihe Negeri yang penuh dengan Pesona Mari Jaga dan Nikmati Keindahan Alam Sangihe, Lestarikan Kekayaan Budayanya juga nikmat Kulinernya

Gunung Api Bawah Laut Mahengetang


Banua Wuhu, demikian masyarakat setempat menyebut gunung itu, berada pada Koordinat : 3°8.695 N - 125° 26.475 E. Titik kepundan gunung ditandai oleh keluarnya gelembung di antara bebatuan pada kedalaman 8 meter. Dari Kota Tahuna menggunakan transpor tasi angkutan laut dengan waktu tempuh 3 jam dengan ongkos Rp. 35.000,-, Untuk efisiensi waktu dapat menyewa speed boat dengan waktu tempuh 2 jam  “ Banua Wuhu” yang artinya “Pulau Baru” terletak pada posisi sebelah Selatan Barat Daya Pulau Mahengetang Kecamatan Tatoareng Kabupaten Kepulauan Sangihe. . Aktivitas vulkanis ditandai oleh gelembung-gelembung gas (Solfatara) yang keluar laksana buih-buih kecil (Fumarol) yang berbaris tiada hentinya. “Banua Wuhu” diperkirakan memiliki ketinggian 400 meter dari dasar laut dan merupakan Objek Daya Tarik Wisata Bahari (Spot Dive) dengan karakteristik : • Point of Interest : Penyelaman (Dive) pada puncak Gunung Api Bawah Laut • Point of View : Solfatara/Fumarol dan coral garden Di sisi timur lereng gunung. • Visibility : 30 – 40 Meter • Kedalaman Objek : 06 – 50 Meter • Arus : Agak Kuat – Kuat – Sangat Kuat • Diving Skill : Advance – Expert.


Suhu air rata-rata di sana 37-38 derajat Celcius. Di sejumlah lubang, keluar air panas yang tampaknya mampu membuat tangan telanjang melepuh bila coba-coba merogoh ke dalamnya. 



Kehidupan biota laut juga tak kalah menarik, koloni terumbu karang yang rapat dan sehat terhampar di kedalaman 10 hingga 20 meter. Konon terdapat lorong bawah laut yang tembus dua arah. 

sangihespice.com


Masyarakat setempat menyelenggarakan upacara Tulude setiap akhir bulan Januari. Dua minggu sebelum ritual tersebut, seorang tetua adat akan menyelam dengan membawa piring putih berisi emas ke lorong tersebut sebagai persembahan agar Banua Wuhu tidak murka 




Dive Centre di Jalan Raya Boulevard Tahuna



Dive Centre di Jalan Raya Boulevard Tahuna

0 comments: